Tags

, , , , , , , ,

Kakak dalam bahasa Padang adalah uda (laki-laki), uni(perempuan). Cara mengeja kata uda yakni seperti mengeja kata “kuda” tapi tidak pake huruf “k”. dan mengejanya tidak menggunakan dialek di jawa yang sering kali berakhiran seperti huruf hamzah mati pada huruf hijaiyah jika kata tersebut berakhiran huruf vokal. ejalah seperti bahasa indonesia biasa.

tidak ada cara mengeja khusus untuk kata uni.

biasanya orang padang suka menyingkat kata “uda” menjadi “da” saja ketika memanggil dengan disertai nama orang tersebut. Ini sama seperti kakak disingkat menjadi kak saja jika memanggil disambung dengan namanya.

contoh:

misalnya nama orang yang dipanggil adalah hanif.

maka biasanya mas hanif ini dipanggil “da nif” oleh orang padang. kata uda menjadi “da” dan nama hanif cukup menggunakan “nif” saja.

kata uni juga sering disingkat menjadi “ni” saja dengan alasan yang sama.

tidak semua orang padang menggunakan kata uda atau uni untuk memanggil orang yang lebih tua. di sumatera bagian tengah (sumut, sumbar, riau, jambi, palembang, dll) orang suka menggunakan kata “abang” untuk mamanggil orang laki-laki yang lebih tua. dan kakak juga lumrah digunakan unutk mamanggil orang perempuan yang lebih tua.